Alternatif yang Cocok Untuk Menggantikan Daun Salam

Alternatif yang Cocok Untuk Menggantikan Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak boleh ditinggalkan saat memasak. Hanya saja ketersediaan daun salam mungkin tidak tersedia di semua kawasan. Ada beberapa bahan untuk pengganti daun salam yang cocok untuk masak.

Pada beberapa resep masakan pasti Anda kerap menemukan daun salam sebagai pengharum. Nah, kali ini akan dijelaskan berbagai bahan yang bisa menggantikan posisi daun salam.

Bahan Untuk Menggantikan Daun Salam pada Masakan

Daun salam merupakan salah satu rempah-rempah asli Indonesia yang sering digunakan untuk memasak. Biasanya dalam memasak membutuhkan 4 hingga 5 lembar daun salam.

Apabila daun salam habis Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada pengganti yang bisa mengharumkan masakan. Berikut adalah beberapa bahan yang bisa dijadikan pengharum masakan.

Daun Salam Kering

Bahan pertama adalah daun salam kering yang mungkin menurut sebagian orang kurang menarik. Padahal daun kering tersebut bisa menggantikan daun segar ketika Anda memasak. Sudah tersedia di toko-toko teh daun salam kering yang bisa Anda gunakan.

Biasanya perbandingan yang bisa Anda terapkan adalah mengganti satu daun salam segar dengan setengah sendok teh daun salam kering. Setelah itu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan memasak.

Oregano

Bahan untuk menggantikan daun salam berikutnya adalah oregano. Kebanyakan orang lebih memilih tidak menggunakan daun salam ketika habis. Padahal oregano bisa menjadi opsi terbaik untuk menggantikan daun salam.

Takaran yang tepat adalah mengganti satu daun salam segar deegan seperempat sendok teh oregano kering. Biasanya teh oregano kering ini digunakan pada sajian masakan berkuah seperti sup atau pembuatan kaldu daging. Dengan begitu masakan semakin lebih harum dari biasanya.

Thyme

Nah, Anda juga bisa menggunakan thyme sebagai pengharum masakan. Agar lebih awet Anda cukup membeli thyme kering dalam bentuk kemasan. Sudah tersedia di Supermarket atau minimarket terdekat.

Bahkan harganya juga sangat terjangkau mulai dari Rp 15 ribu. Thyme kering ini bisa Anda gunakan untuk menggantikan daun salam segar. Biasana cukup menggunakan setengah sendok teh thyme ketika memasak.

Bahan untuk menggantikan daun salam ini perlu Anda sesuaikan dengan formula memasak dan resepnya. Sehingga makanan semakin lebih segar dan harum.

Basil

Selain ketiga bahan di atas, basil juga merupakan pengganti daun salam yang cukup populer. Tetapi masih banyak orang yang belum akrab dengan basil karena ketersediaannya cukup terbatas. Daun basil merupakan tumbuhan yang memiliki rasa mint.

Masakan dengan tambahan daun basil akan terasa haru dan menambah aroma herbal. Siapapun yang menggunakan daun basil saat memasak pasti akan menimbulkan rasa manis pada hidangan tersebut. Tak heran jika masakan asli Indonesia selalu menjadi primadona seluruh mancanegara.

Kegunaan Daun Salam untuk Masakan

Setelah memahami bahan pengganti daun salam Anda wajib melihat manfaat atau kegunaan dari daun tersebut. Tidak hanya sebagai pengharum masakan saja daun salam juga berguna untuk bumbu marinasi daging.

Daun salam memiliki ciri khas yang bisa menetralkan bau amis dari daging. Pastikan Anda menggunakan daun salam dengan kombinasi berbagai bahan. Misalnya dengan menambahkan jeruk lemon atau bahan lainnya.

Selain bermanfaat dalam bidang masakan, daun salam juga baik untuk kesehatan. Daun salam termasuk salah satu bahan pembuatan obat tradisional yang sangat ampuh. Memiliki kandungan senyawa kimia seperti flavonoid, triterpene, dan minyak atsiri. Cocok untuk mengobati diare, hipertensi hingga diabetes.

Dengan memahami bahan untuk menggantikan daun salam serta manfaatnya Anda bisa menciptakan berbagai masakan lezat khas Indonesia. Tentunya menggunakan bahan rempah-rempah alami yang diracik oleh tangan-tangan handal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.